OBJEK MENARIK YANG DAPAT DIKUNJUNGI


Terdapat berbagai macam objek menarik yang dapat dikunjungi di Taman Nasional Tanjung Puting, antara lain : 
Tanjung Harapan , yang merupakan stasiun pertama dalam proses kunjungan orangutan, lokasi ini berada dihutan skunder dan hutan rawa yang dilengkapi dengan wisma tamu, pusat informasi dan jalan trail.


Di Tanjung Harapan Terdapat :
- Pemberian Makan Orangutan
- Demplot Tanaman Anggrek
- Demlot Tanaman Obat
- Jalur Trakking ( Tj. Harapan - Pesalat - Pondok Tanggui )
- Information Center 

Pesalat, yang merupakan stasioun kedua yang biasa dikunjungi baik itu oleh wisatawan maupun penelitian, di areal ini banyak pencinta alam baik itu anak sekolah, kader konservasi maupun pencinta-pencinta alam lainnya melakukan kemah/camping. di Pesalat terdapat : JALUR TREKING , CAMPING GROUND, DEMPLOT TANAMAN OBAT, PENANAMAN POHON KENANGAN.

Pondok Tanggui, yang merupakan staiun ketiga yang juga sering dikunjungi oleh wisatawan, di areal tersebut terdapat : PEMBERIAN MAKAN ORANGUTAN, JALUR TRACKING PENDEK, JALUR TRAKING ( Pondok Tanggui - Pesalat - Tanjung Harapan )

Pondok Ambung, yang merupakan stasiun keempat yang juga sering dikunjungi oleh wisatawan, yang dalam hal ini sering dijadikan para mahasiswa sebagai tempat penelitian, dan pembelajaran bagi para siswa - siswi mulai dari tingkat Sekolah Dasar , SLTP, maupun SMA, di areal ini terdapat : JALUR PENGAMATAN SATWA, JALUR TRAKING MALAM, MENARA PENGINTAI SATWA 

Camp Leakey, yang merupakan stasiun trakhir bagi para pengunjung yang melalui alur Sungai Sekonyer, yang setiap pengunjung beranggapan bahwa " belum ke Camp Leakey belum ke Taman Nasional Tanjung Puting. di Camp Leakey terdapat : PEMBERIAN MAKAN ORANGUTAN , VARIASI JALUR TRAKKING, INFORMATION CENTRE , ............... ???????............... !!!, 

Sungai Buluh Besar, yang merupakan Hutan Taman Nasional Tanjung Puting yang berada di Resort Teluk Pulai, tempat ini merupakan pengembangan areal wisata baru yang diharapkan juga menjadi objek menarik untuk dikunjungi, di tempat ini terdapat : SUSUR SUNGAI HUTAN YANG MASIH ALAMI, DEMPLOT PENANGKARAN RUSA, PENGAMATAN SATWA SEPANJANG SUNGAI. 

Sungai Arut Tebal , yang merupakan daerah laut Taman Nasional Tanjung Puting yang berada di Resort Sungai Cabang, ditempat ini terdapat : PANTAI PASIR PUTIH, PENANGKARAN PENYU SISIK, PELEPASAN TUKIK.