ILUSTRASI ORANGUTAN

Orangutan adalah salah satu primata langka yang terancam punah. Ia adalah hewan langka yang harus kita lindungi sebagai bentuk dari kesadaran kita untuk menyelamatkan bumi.
Ancaman terbesar bagi Orangutan adalah penebangan hutan yang dilakukan secara besar - besaran, Ekspoitasi Hutan illegal ini benar - benar merusak ekosistem dan habitat Orangutan.
Satu hal yang perlu kita sadari yang haris kita tanamkan dalam diri kita adalah tentang rasa peduli. Dengan kepedulian, kita dapat berbagi. Tidak hanya peduli teradap manusia saja, akan tetapi kita juga harus peduli dengan alam dan mahluk lainnya. Salah satunya adalah orang utan yang keberadaannya hampir punah.
konservasi orangutan subjenis Pygmaeus penting dilakukan, mengingat jumlah orangutan ini hampir punah keberadaannya.

CIRI - CIRI
Orangutan merupakan sejenis kera berukuran besar yang memiliki lengan panjang dan berbulu merah atau coklat yang hidup di hutan tropis di Indonesia dan Malaysia.
Hewan ini memiliki dua spesies, yakni Orangutan Sumatera dan Orangutan Kalimantan. ia memiliki keunikan yang sangat dekat dengan manusia, yakni tingkat kesamaan DNA sebesar 96,4 %.
Hewan ini memiliki ciri - ciri tubuh yang gemuk dan besar, memiliki lengan yang panjang dan kuat, berleher besar, memiliki kaki yang pendek dan tertunduk, serta tidak memiliki ekor. Tingginya berkisar antara 1,25 sampai 1,5 meter dengan warna rambut atau bulu berah kecoklatan. hewan ini juga memiliki kepala besar dengan posisi mulut yang tinggi.
Orangutan jantan yang telah mencapai tingkat kematangan seksual akan memiliki pelipis yang gemuk di kedua sisinya, memiliki ubun - ubun yang besar, serta rambut yang panjang disekita wajahnya. indera yang dimiliki oleh oranguta meliputi penglihatan, pendengaran, perabaan, penciuman, dan pengecap.
Berat orangutan jantan adalah sekitar 50 sampai 90 kg, sedangkan orangutan betina memiliki bera antara 30 sampai 50 kg. sama halnya seperti manusia, hewan ini juga memiliki bentuk jari tangan dan kaki yang hampir mirip dengan manusia.